BERTEKAD MEMBANGUN RONGKONG, KAUM MILENIAL RONGKONG MEMBUAT KOMUNITAS “GERAKAN MILENIAL RONGKONG” (GEMAR)

Kabar Bagus_Rongkong. Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum yang sangat luar biasa, ketika para pemuda dari kalangan terpelajar yang begitu gerah dengan penjajahan dan penindasan ini, berkumpul untuk menyatukan ide dan gagasan mereka untuk memerdekakan tanah air tercinta. Momen ini menjadi hal yang sangat penting dalam usaha berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-112 tahun, generasi muda sekarang (disebut generasi milenial) diharapkan mampu seperti generasi terpelajar dahulu yang selalu berpikir kritis untuk kemajuan bangsa. Momentum Hari Kebangkitan Nasional yang ke 112, direfleksikan dengan baik oleh salah satu putra Rongkong, yaitu Pdt.Sufriadi yang selain sebagai pendeta muda, beliau juga merupakan seorang dosen di UKI Toraja dan IAKN Toraja. Ia mengajak beberapa generasi Milenial Rongkong yang prihatin dengan kondisi daerah atau kampung halaman dengan membangun komunikasi untuk menyatukan ide dalam membangun kampung halaman. Para milenial tersebut di antaranya: Jesi Jacksen, Janwar Gesseng, Paul Cakra, Rudi, Jack, dan James.

Melalui pertemuan virtual yang singkat pada malam hari pada tanggal 20 Mei 2020, para generasi milenial ini dengan semangat dan tekat yang tinggi, akhirnya bersepakat untuk membentuk sebuah wadah yang disebut dengan Gerakan Milenial Rongkong (GEMAR) untuk menjadi tempat bagi semua pemuda / generasi milenial dari Rongkong yang terpanggil untuk membangun kampung halamannya. Ada begitu banyak masalah yang harus dibenahi di Rongkong, baik pendidikan, pariwisata, budaya, sejarah, ekonomi dan SDM, sehingga diperlukan langkah kongkrit dari generasi milenial yang harus terjun langsung untuk menyelesaikan masalah ini.

Sufriadi yang merupakan founder GEMAR terinspirasi dari dua staf khusus Milenial Presiden RI, yakni Billy Mambrasar dan Aminuddin Ma’ruf. Sufriadi mengatakan, “Januari 2020 lalu, saya kebetulan bersama-sama Staf khusus Presiden RI yakni Bro Aminuddin Ma’ruf dan Bro Billy Mambrasar dalam Rakernas GAMKI. Mereka katakan bahwa Indonesia sedang mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi dan mengajak semua pemuda Indonesia untuk menekan laju urbanisasi. Salah satu cara menekan laju urbanisasi yaitu dengan cara membangun potensi desa. Nah saat itulah dalam momen nasional seperti itu, saya sebagai putra desa tentu berpikir langsung tentang Rongkong yang hingga hari ini sangat membutuhkan perhatian ekstra dari kalangan muda, sebab pemuda merupakan agen of change yang punya potensi dan kompetensi yang besar. Itulah sebabnya saya tidak menunda lagi untuk mengajak kaum milenial untuk bergerak membangun rongkong”.

Jesy Jacksen, salah satu Co-Founder Gerakan Milenial Rongkong mengatakan, “Jika bangsa kita sudah merdeka dan mampu berdiri di kaki sendiri, bukan berarti kita tinggal berpangku tangan menikmati kemerdekaan ini. Justru saat ini, kehadiran generasi muda sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa. Generasi muda juga tidak hanya sekedar memberi kritik terhadap pemerintah, tetapi juga harus hadir dan memberi diri dalam upaya memberikan solusi atas permasalah bangsa saat ini. Generasi muda harus memperulas cakrawala berpikirnya untuk melihat ada begitu banyak masalah yang dihadapi bangsa kita. Kemudian mengambil sebuah langkah konkrit untuk terlibat dalam mengupayakan dan memberi solusi dari masalah itu”.

Janwar Gesseng dan Paul Cakra juga menyatakan hal yang sama bahwa Rongkong sudah cukup tertinggal jika kita menengok budaya lokal tetangga-tetangga kita yang maju dan terpelihara. Karena itu wadah ini merupakan wadah yang tepat untuk membangun gerakan bersama untuk memajukan Rongkong.

Sufriadi menambahkan bahwa founder dan para co-ounder satu pemahaman bahwa, “GEMAR merupakan sebuah komunitas anak muda Rongkong yang memiliki kerinduan dan tekad untuk memajukan Rongkong. Melalui GEMAR, para generasi milenial dapat mengekplorasi potensi yang dimiliki untuk memajukan Rongkong. Wadah ini bukan sekedar sharing ide, tapi sebuah aksi dan gerakan yang nyata untuk mewujudkan tujuan bersama untuk menjadikan Rongkong menjadi pusat pariwisata Luwu Utara, mencerdaskan generasi Rongkong, dan ikut mengembalikan nilai-nilai sejarah, adat dan kebudayaan, serta kemajuan ekonomi masyarakat Rongkong”.

Dalam melaksanakan tujuan ini GEMAR menyadari bahwa tidak akan mampu ketika harus berjalan sendiri dalam membangun kampung halam. Oleh karena itu, GEMAR bertekad membangun kemitraan dengan sejumlah pihak yang siap untuk bersama-sama mewujudkan tujuan ini. GEMAR akan terus mengajak seluruh generasi milenial Rongkong untuk bergabung dan bergandengan tangan mencapai tujuan ini, sehingga seluruh potensi generasi milenial Rongkong dapat dimaksimalkan dalam membangun kampung halaman tercinta. (JeJe/Adi)

Bagikan!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *