CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DI TERMINAL PETI KEMAS, PELINDO IV MAKASSAR GUNAKAN THERMAL CAMERA

Makassar. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menerapkan sejumlah kebijakan dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Terminal Petikemas Makassar (TPM) di Makassar.

Salah satu kebijakan itu adalah penggunaan thermal camera atau alat pemantau suhu tubuh manusia berbentuk kamera dengan kemampuan deteksi wajah. Anggota Tim Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19 TPM Akhmad Majid mengatakan thermal camera tersebut dipasang di area akses masuk pengguna jasa yang akan melakukan transaksi di Loket Pelayanan TPM atau bank di lokasi TPM.

Akhmad mengatakan alat ini menjadi upaya proteksi awal yang efektif karena bisa melihat dengan cepat suhu tubuh seseorang yang akan masuk ke wilayah Loket Pelayanan TPM atau bank di lokasi TPM tersebut.

“Jika ada orang yang ingin masuk mempunyai suhu tubuh 38 derajat celcius, apalagi diatas 38, kami tidak perbolehkan masuk dan dipersilahkan untuk kembali keluar,” kata Akhmad.

Selain penggunaan thermal camera, Tim Satgas Covid-19 yang dibentuk berdasarkan petunjuk kantor pusat Pelindo IV tersebut membuat Standard Operating Procedure (SOP) di lingkungan TPM. SOP itu berisi prosedur yang mengharuskan petugas loket, operasional, gate dan petugas keamanan yang merupakan garda terdepan di TPM harus memakai masker dan sarung tangan.

Di samping itu, semua pegawai dan tamu, termasuk pemakai jasa, yang ingin masuk ke area kantor TPM harus mencuci tangan terlebih dulu serta wajib menggunakan masker.

Di Loket Pelayanan, menurut Akhmad, pihaknya telah menyiapkan hand sanitizer dan membuat petunjuk agar semua pihak menerapkan pembatasan sosial (social distancing).

“Kemudian di area kantor dan lapangan TPM kami sudah jadwalkan untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. termasuk juga pada alat bongkar muat TPM, mobil-mobil trailer ekspedisi dan juga mobil dan motor yang berada di area parkir kantor TPM,” kata Akhmad. (JAM/ALN)

Bagikan!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *